Ada 4 Buah Langka Di Indonesia Yang Jarang Orang Ketahui Mari Kita Bahas Satu Persatu

Teman explorer, apakah kalian termasuk orang yang hobi mengonsumsi slot online buah-buahan? Kecuali rasanya yang bervarian, buah juga bisa menyehatkan tubuh kita kok. Membantu dalam memenuhi kebutuhan serat tiap-tiap harinya, dan juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh. Indonesia yang adalah negara beriklim tropis dipenuhi dengan buah-buahan yang subur.

Hampir segala tanah di Indonesia bisa ditumbuhi subur dengan buah-buahan. Dari buah yang mainstream, sampai buah yang langka sekalipun ada di Indonesia. Buah langka di Indonesia ini memang memiliki nama yang unik, dan terdengar amat asing di alat pendengaran kita. Buah ini juga jarang diliput oleh media-media layar kaca sahabat explorer, jadi tidak banyak orang yang tau. Mungkin hanya mereka yang memang tinggal dekat dengan buah-buahan hal yang demikian baru tau keberadaannya. Kaprah-kira kalian ingin coba gak buah-buahan absah Indonesia ini?

Buah Langka di Indonesia
Mungkin ada beberapa buah yang formatnya mirip dengan buah yang telah tenar, tetapi tentu memiliki perbedaan. Baik dari segi rasa, ukuran, kandungan, dan lain-lainnya. Namun, ini yang menjadi nilai lebih lagi dari Indonesia. Memang ternyata kekayaan alam kita itu begitu besar, tidak heran apabila zaman dahulu kala banyak bangsa yang lain ingin menguasai Nusantara kita ini. Baiklah apabila begitu sahabat explorer, mari kita simak ada apa saja sih buah-buahannya? Cekidot!

1.Buah Carica
Buah langka di Indonesia yang pertama adalah buah carica. Sekilas memang menonjol seperti Belimbing ya sahabat explorer. Namun, apabila kalian perhatikan lagi, bedanya cukup signifikan, apabila belimbing formatnya seperti bintang, apabila ini sedikit ke arah wujud lemon kuning.

Buah yang satu ini, diketahui dengan pohonnya yang hanya bisa tumbuh dan berkembang di beberapa kawasan tertentu di dunia, salah satunya di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Buah yang satu ini memiliki nama latin adalah Carica Pubescens atau Carica candamarcensis. Ada juga orang yang beranggapan apabila buah ini mirip dengan buah pepaya, tetapi hanya dengan ukuran yang lebih kecil saja.

Wewangiannya juga berbeda dengan pepaya, buah ini bebauannya lebih wangi, dagingnya lebih kenyal dan rasanya juga cenderung asam. Hmm kayaknya seger banget ya sahabat explorer, boleh nih dicoba, sekalian merasakan keindahan Dieng, kalian juga semestinya mencoba buah yang satu ini ya!

2.Buah Ciplukan
Buah langka di Indonesia yang berikutnya adalah buah Ciplukan. Namanya memang terdengar aneh ya sahabat explorer, formatnya juga tidak keok aneh. Tidak yang ada di gambar, formatnya mirip dengan strawberry ukuran besar, tetapi dengan warna yang hijau dan juga wujud pipih seperti belimbing.

Buah Ciplukan memiliki nama lain Physialis angulata. Ini adalah tanaman liar yang tumbuh umumnya dikebun, tepi hutan, ladang atau sawah di pedesaan. Buah yang satu ini juga mirip dengan Cherry Hutan dan seringkali ditemui pada dikala musim hujan. Ketersediaan air yang melimpah, membuatnya tumbuh subur.

Buah yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jikalau hanya buahnya saja sahabat explorer, mulai dari daunnya, batangnya, sampai ke akarnya bahkan juga bisa dibuat obat. Buah yang satu ini amat baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan Vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, dan polifenol.

3.Buah Genitu Atau Kenitu
Buah langka di Indonesia yang berikutnya adalah Buah Genitu atau Kenitu. Namun dari jauh, kalian memandangnya seperti tumpukan buah kelapa saja sahabat explorer, karena warna hijaunya yang mirip. Namun, setelah memperhatikan dengan seksama, tentu perbedaannya amat mencolok seperti yang ada pada di gambar.

Buah ini terbilang langka sahabat explorer, apalagi apabila tidak pada musimnya, akan amat sulit mencarinya. Buah yang satu ini memiliki nama lain Chrysophyllum cainito. Orang daerah Lampung acap kali menyebutnya dengan Sawo Manila, sedangkan orang Jawa Timur menyebutnya dengan Sawo Hijau atau Manecu.

Dikala, pohon buah kenitu itu bisa tumbuh sampai 30 meter. Teman buahnya telah matang, bisa lantas dikonsumsi atau dibuat olahan lainnya seperti es krim, atau olahan minuman lainnya. Rasanya amat manis dan legit sahabat explorer, apabila kalian bersua dengan buah ini, lantas disantap ya, karena buahnya amat jarang ditemui!

4.Buah Keledang
Buah langka di Indonesia yang berikutnya adalah Buah Keledang. Buah ini juga lazim disebut dengan Bangsal, binturung, bunon, atau kayu dadak. Buah ini juga memiliki nama lain adalah Artocarpus lanceifolius Roxb.

Salah satu buah langka di Indonesia ini adalah buah yang berasal dari kawasan Kalimantan. Dan keberadaannya telah mulai punah karena seringnya dibabat hutan-hutan alami oleh manusia. Buah ini tergolong dalam suku nangka-nangkaan (Moraceae), berkerabat dengan nangka, mentawa, cempedak dan lain-lain yang mirip dan sejenis.

Rasanya seperti kolaborasi antara nangka dan manggis, jadi memberikan citarasa yang manis sahabat explorer. Mirip seperti nangka, buahnya terpisah dengan bijinya sahabat explorer.

Citarasa Indonesia!
Teman explorer, itulah beberapa buah langka di Indonesia yang bisa YoExplore berikan terhadap kalian. Semoga artikel ini berguna, dan seperti lazim jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. bersua lagi di artikel berikutnya, jangan lupa untuk menerapkan traveling hemat dan have a good day, explorer!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.